Kamis, 14 November 2013

Welcome MAPERTA 2013

Masa Perkenalan Anggota (MAPERTA) 2013
Himpunan Mahasiswa Kimia UNJANI mengadakan program kerja tahunan yaitu MAPERTA 2013. Kegiatan rutin ini merupakan program  kerja dari bidang kaderisasi BPH HIMAKA. Maperta sebagai puncak rangkaian kaderisasi anggota keluarga mahasiswa baru di jurusan kimia dan sebagai syarat untuk menjadi anggota HIMAKA serta salah satu syarat untuk mengikuti siding skripsi.

Tahun ini MAPERTA dilaksanakan di bumi perkemahan ranca upas ciwidey pada tanggal 15-17 november 2013. Dan diikuti oleh 54 mahasiswa baru sebgai peserta dan panitia beserta staf jurusan kimia sebagai pengawas acara.

Acara dimulai dengan berkumpul di area sekretariat HIMAKA pada pukul 08.30. kemudian dilanjutkan upacara pembukaan di area lab mipa. Kemudian berangkat ke PT. PINDAD untuk melaksanakan kunjungan industri. Dan kemudian barulah rombongan berangkat menuju ranca upas.

Di perjalanan ada sedikit insiden pada mobil rombongan pertama yaitu mobil yg saya tumpangi bersama sebagian peserta lainnya. Pada saat itu hujan cukup lebat di sepanjang perjalanan dan tiba di wilayah ciwidey sudah cukup gelap. Tiba-tiba mobil yang saya tumpangi anjlok ke bahu jalan yang ternyata berlubang. Para penumpang di dalamnya terpental sehingga menyebabkan beberapa orang cidera. Untunglah tidak ada yang sampai terluka parah. Para peserta yang cidera dibawa oleh mobil lain menuju tempat perkemahan untuk diberi perawatan. Sementara peserta lainnya dievakuasi menggunakan mobil lainnya yang sudah sampai di tempat perkemahan. Malam itu pun ditutup dengan makan malam dan istirahat.

Keesokan harinya seusai sholat subuh para peserta melaksanakan senam bersama lalu sarapan pagi. Dilanjutkan dengan materi hingga sore hari. Lalu para peserta melaksanakan sholat magrib berjamaah dan tadarus. Kegiatan ini menambah kebersamaan dan keimanan kita. Dan menambah rasa kekeluargaan kita, apalagi kita para peserta merupakan teman seangkatan yang akan bersama-sama selama kurang lebih 4 tahun.

Acara puncak pun tiba…
Tengah malam kami dibangunkan secara brutal oleh panitia. Kami yang masih setengah sadar harus mendapatkan tekanan dari mereka.. Siksaan bertambah ketika kami harus melaksanakan tracking ditengah malam yang gelap gulita dengan track yang berupa semak-semak licin dan diselubungi kabut tebal serta angin kencang. Kami harus melewati 4 pos.
Pos 1 berisi materi dan aplikasi di bidang akademik. Dibimbing oleh kakak-kakak 2012. Di pos 2 kami bertemu dengan kakak-kakak 2010. Kami disambut dengan track merangkak lalu kemudian dieksekusi tentang materi tanggung jawab dan kebersamaan. Siksaan semakin membabi buta ketika kami harus memakan jengkol mentah dan terasi. Di pos 3 kami bertemu dengan kakak-kakak 2009. Disini lebih parah lagi, kami disuruh memakan permen secara bergantian.
Dan sampailah kami di pos terakhir yaitu pos 2008. Disana kami mendapat pembekalan tentang organisasi disamping akademik. Kami diberi pengetahuan tentang pengalaman organisasi.
Kegiatan tracking pun berakhir pada puku 05.30 dan berlanjut sholat subuh berjamaah lalu senam pagi dan sarapan..

Kemudian acara pun berakhir dengan dilakukannya upacara penutupan kegiatan MAPERTA ini..
Banyak kenangan, pengalaman, dan ilmu yang kita dapat dari kegiatan ini. Semoga ini menjadi langkah awal yang baik bagi kami dalam memajukan organisasi baik di tingkat jurusan, fakultas, maupun universitas.

Ada banyak hal seru yang masih menarik untuk diceritakan, ingin tahu ??
ikuti Maperta taun depan yaaa J






Tidak ada komentar:

Posting Komentar